Berapakah jumlah ayat al Quran yang sebenarnya ?



Sampai hari ini kita masih belum menemukan sumber asli yang mengatakan bahwa jumlah ayat Al-Quran itu benar-benar 6.666 ayat. Yang kami dapati adalah berbagai ragam pendapat yang mengatakan jumlahnya kurang dari itu.

Para ulama sepakat mengatakan bahwa jumlah ayat Al-Quran lebih dari 6.200 ayat. Namun berapa ayat lebihnya, mereka masih berselisih pendapat.

Menurut Nafi” yang merupakan ulama Madinah, jumlah tepatnya adalah 6.217 ayat. Sedangkan Syaibah yang juga ulama Madinah, jumlah tepatnya 6214 ayat. Lain lagi dengan pendapat Abu Ja”far, meski juga merupakan ulama Madinah, beliau mengatakan bahwa jumlah tepatnya6.210 ayat.

Menurut Ibnu Katsir, ulama Makkah mengatakan jumlahnya 6.220 ayat. Lalu ”Ashim yang merupakan ulamaBashrah mengatakan bahwa jumlahnya jumlah ayat al-Quran ialah., 205 ayat.

Hamzah yangmerupakan ulama Kufah sebagaimana yang diriwayatkan mengatakan bahwa jumlahnya 6.236 ayat.

Dan pendapat ulama Syria sebagaimana yang diriwayatkan oleh Yahya Ibn al-Harits mengatakan bahwajumlahnya 6.226 ayat.

Mengapa Berbeda?

Sebenarnya tidak ada yang beda di dalam ayat Al-Quran. Semua pendapat di atas berangkat dari ayat-ayat Al-quran yang sama.

Yang berbeda adalah ketika menghitung jumlahnya dan menetapkan apakah suatu potongan kalimat itu menjadi satu ayat atau dua ayat.

Ada orang yang menghitung dua ayat menjadi satu. Dan sebaliknya juga ada yang menghitung satu ayat jadi dua.

Padahal kalau dibaca semua lafadz Quran itu, semuanya sama dan itu itu juga. Tidak ada yang berbeda.

Lalu mengapa menjadi beda dalam menentukan apakah satu lafadz itu satu ayat atau dua ayat?

Jawabnya adalah dahulu Rasulullah SAW terkadang diriwayatkan berhenti membaca dan menarik nafas. Pada saat itu timbul asumsi pada sebagian orang bahwa ketika Nabi menarik nafas, di situlah ayat itu berhenti dan habis. Sementara yang lain berpandangan bahwa nabi SAW hanya sekedar berhenti menarik nafas dan tidak ada kaitannya dengan berhentinya suatu ayat.

Lagian, nabi SAW saat itu juga tidak menjelaskan kenapa beliau menarik nafas dan berhenti. Dan tidak dijelaskan juga apakah berhentinya itu menunjukkan penggalan ayat, atau hanya semata-mata menarik nafas karena ayatnya panjang.

Perbedaan dalam menghitung jumlah ayat ini sama sekali tidak menodai Al-Quran. Kasusnya sama dengan perbedaan jumlah halaman mushaf dari berbagai versi percetakan. Ada mushfah yang tipis dan sedikit mengandung halaman, tapi juga ada mushfah yang tebal dan mengandung banyak halaman.

Yang membedakanya adalah ukuran font, jenis dan tata letak (lay out) halaman mushaf. Tidak ada ketetapan dari Nabi SAW bahwa Al-Quran itu harus dicetak dengan jumlah halaman tertentu.

Wallahu a”lam bishshawab, wassalamu ”alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

28 Responses to Berapakah jumlah ayat al Quran yang sebenarnya ?

  1. Banjoe says:

    Salam buat semua…
    Mohon diizinkan kami mencelah…

    Fasal pada menyatakan berapakah jumlah ayat2 termaktub dlm itu Al-Quran, maka kata Syeikh Ainullah : Ada pun jumlah ayat2 Al-Quran itu tidak terhingga banyaknya, nggak ada manusia yg bisa menghitong jumlah sebenarnya melaenkan hanya Allah jua Yg Maha Mengetahui. Akan tetapi cara pandangan dan perkiraan berapakah jumlah ayat yg termaktub dlm Kitab Suci Al-Quran itu berbeda2 pendapat mengikut fahaman dan kajian masing2. Semua pendapat itu adalah benar belaka. Fahaman Ulamak Fekah itu pun benar, fahaman Ahli Hakeqat itu pun juga benar, comaan berbedaan dari sudut memandangnya aja.

    Maka jumlah ayat2 dlm itu Al-Quran bisa dibilang 6,666 ato kurang dari 6,666. Pasal itu angka 6,666 dibilang oleh pihak barat sebagai “The Devil Number”, perkara itu nggak perlu kita bimbang, kerana angka 6,666 itu ada maknanya yg laen yg tersendiri. Bagi sesetengah Ahli Hakeqat ato Ahli Hurufiah, tanda2 noktah ato huruf-huruf pada kod-kod pembuka sesuatu ayat itu, koq juga bisa dianggap merupakan ayat2 juga. Maka jadilah perbedaan pandangan jumlah ayat2 dlm itu Al-Quran berbeda2. Ada yg berdasarkan perkiraan mereka itu secara objektif dan ada juga pandangan mereka itu secara subjektif. Apakah ketulenan dan kesucian Kitabul Mubin Al-Quran itu samada maseh tetap terpelihara ato tidak, terpulanglah pada kita untuk menghayati dan meng”hidup”kannya.

    Kata Syeikh Ainullah lagi yg berguru dgn Nur Quran : Ada pun bilangan ayatnya “Yg Tersurat” itu adalah sebanyak 6,666. Bilangan ayatnya “Yg Tersirat” itu adalah sebanyak 9,999. Bilangan ayatnya “Yg Tersembunyi” itu pula sebanyak 3,333. Apakah maksudnya kata beliau itu kami kurang periksa. Cumaan katanya lagi, kamu itulah yg perlu meng”hidup”kan itu Al-Quran kerana kamu itulah sebenar2nya itu “Al-Quran”. Maka kamu itulah dinamakan “Al-Quran Yg Berjalan”. Wallahu’alam….

    Berkata pula Sang Raja Wali : Manusia udah ramai yg nggak beriman dan meng”hidup”kan itu Al-Quran. Apalagi diketika Akhir Zaman ini, manusia telah ramai tidak menghayati agamanya yakni Ruh Islam itu. Manusia telah ramai karam tenggelam ditelan Fitnah Akhir Zaman. Maka sebab itu “Ruh Al-Quran” itu telah diangkat oleh Imam Mahdi kelangit. Cumaan kitab pakaian Imam Mahdi itu adalah “Kitab Hakeqat Muhammad”. Apakah itu “Kitab Hakeqat Muhamad”..?? Wallahu’alam… Cumaan katanya itulah dianya “Kitab Asal” lagi asli tulisan atas kulit unta, warisan ilmu Muhammad SAW, hanya kepada Nasabnya Ahlul Bait Pilihan – Imam Mahdi. Kitab yg menjadi perebutan diAlam Kewalian itu, akhirnya ditangan Imam Mahdi sebagai peneraju Kebangkitan Islam DiAkhir Zaman. Amin…. Wallahu’alam….

    Kepada semua kami mohon ampon dan maap, koq apa yg kami paparkan itu keluar dari tajuk thread asal, lagi ianya nggak masuk akal, koq bisa jadi ribotan aja. Oleh itu anggaplah apa yg kami paparkan itu sebagai bacaan penglipur lara aja. Koq bersalahan abaikan aja. Sekali lagi mohon diampon….

    Wallahu’alam….

    “Selamat Menunaikan Solat Jumaat”

    Sekian, Wassalam….

  2. Banjoe says:

    ….. MUQADDAM DAN AL-QURAN …..

    Maka bersalah-salahan pendapat menilaikan berapakah jumlah ayat-ayat yang terkandung dalam Al-Quran itu, maka jawapannya berbeda-beda mengikut keariffan seseorang itu. Semua jawapannya adalah benar belaka. Cuma Yang Maha Benar hanyalah Allah.

    Kata Al-Marhum Syeikh Ainullah : Maka begitu juga dalam kita memahami pengertian ayat-ayatnya itu kerana Al-Quran itu ada beberapa tafsirannya. Ada orang menggunakan tafsiran Quran Al-Karim, atau tafsiran Quran Al-Azim, atau sebagainya. Begitu juga persoalan berapakah jumlah huruf dalam kalimah “Bismillah…” itu? Maka ada yang kata 19 huruf, ada yang kata 20 huruf, ada yang jawab 21 huruf, ada 22 huruf dan sebagainya.

    Begitu juga dalam menilai jumlah nilai angka-angka dalam “Bismillah….” itu. Maka puak Mamak menilaikan ianya berjumlah 786, maka sebab itu Mamak-Mamak sangat favourite angka 786 itu. Sesetengah menilaikan jumlahnya 790, setengah menilaikannya 797, dan begitulah seterusnya. Maka jawapannya kepada beberapa perkara itu berbeda-beda. Jika zaman dulu fasal berbedaan pendapat samada Al-Quran itu Qadim atau Mahdas saja manusia telah berbalah. Hinggakan ada yang kena hukum dengan kekerasan. Wallahu’alam….

    Dan lagi katanya : Ada pun kandungan kitab Al-Quran itu intisarinya adalah perhimpunan kitab-kitab dan suhuf-suhuf kepada para Nabi yang silam itu. Maka berhimpunnya kitab-kitab Zabur, Taurat, Injil dan suhuf-suhuf itu maka bernamalah ianya itu Al-Quran. Maka berhimpunnya Al-Quran itu dalam Al-Fatehah. Maka berhimpunnya Al-Fatehah itu dalam Bismillah…, dan seterusnya. Maka sebab itu ada yang berpendapat “Bismillah…” dan “Al-Fatehah” itu adalah surah teruntuk khas bagi Muhammad SAW, kerana ianya merupakan “Master Code” bagi terwujudnya itu Al-Quran…

    Kata Sang Raja Wali itu pula : Ada pun kitab khas bagi Nabi Muhammad SAW itulah kitab Muqaddam atau disebut Juz Amma. Maka tatakala “44 hari” Nabi SAW berkhaluat diGua Hiraq itu, maka wahyu pertama yang diturunkan itulah ayat : “Ikraq…” Maka susulannya tersirat dalam surah-surah lain dalam Muqaddam itu, yang sepatutnya juga “44 surah”. Tetapi kenapa yang ada cuma 37/(38?) surah sahaja. Kemana menghilangnya yang lagi 7/(6?) surah itu? Cubalah direnungkan….

    Wallahu’alam….

    Sekian, Wassalam…
    ____________________Ngacir

  3. jalanakhirat says:

    Asalamualaikum

    Saudara Banjoe, tajuk komentar saudara diatas telah digubah dalam intri seperti pautan dibawah supaya lebih menaik dibaca, maaf ya.

    http://jalanakhirat.wordpress.com/2010/07/03/ayat-al-quran-itu-yang-tersurat-666-tersirat-999-dan-tersembunyi-333/

    Terima kaseh salam hormat.

  4. apang says:

    1. Jumlah ayat dalam Al Qur’an banyak pendapat, kalau kita tahu alasan beliau beliau tentunya akan maklum, dan pendapat itu benar.
    2. Pernah aku bingung tentang pembagian juz, seperti surat “Bani Israil baru 1 ayat dipotong ikut juz 14, ayat 2 ikut juz 15″. Ternyata pembagian juz tersebut diterangkan bahwa sama panjang.
    Satu halaman Al Qur’an ada yang rata rata 18 baris dengan 1 juz berisi rata rata 16 halaman, setiap pergantian juz terdapat disebelah kiri atas diambil 1 ayat lalu dipotong untuk juz berikutnya.
    Ada yang 16 baris 1 halaman dengan dan 1 juz rata rata 18 halaman. Permulaan juz sama 1 ayat dipotong. Mungkin banyak versi lain.
    3. Yang ingin Saya tanyakan saya baca huruf Al Qur’an berjumlah 1.027.000, Saya tak sanggup menghitungnya, hanya kok rasanya tidak sebanyak itu.Dengan pehitungan kalau huruf nya ada 1.02227.000 maka:
    Rata rata ayat panjangnya 1.027.000/6236= 164 huruf.
    Rata rata 1 baris berisikan :
    1.027.000/(30juzx18halamanx16baris)
    = 118 huruf. Kalau saya coba hitung 1 baris paling banyak berisi 40 huruf, kalau dihitung 50 huruf saja maka terdapat 50x30x18x16 = 432.000 paling banyak. Tentunya yang berpendapat 1.027.000 huruf tentu ada dasarnya . Begitu sekedar pengetahuan saja mudahan ada manfaatnya Trims Wass ww

  5. Nanang kusnadi says:

    Ya Akhi kenapa sih gitu aja bingung, apa yang kita baca dan kita lihat dalam Al-Qur’an itulah sebenarnya ayat yang sesunggunya dalam Al-Qur’an yaitu 6236 adapun 6666 itu kesalahan gak usah di hubungkan dengan apapun jadi kalau mau jumlah sebenarnya hitung aja sendiri mudah kok

    • jores saputra says:

      yang di dalam al-qur’an memang 6236 tapi jumlah sebenarnya 6666,letak kekurangannya ada pada kata muhammad

      • MEMANG TEPAT ANGKA JUMLAH KESELURUHANNYA ADALAH ENAM RIBU ENAM RATUS ENAM PULUH ENAM AYAT (6,666) SILA RUJUK DGN AHLI TASAUUF/AHLI MARIFAHTULLAH YANG SAHIH “KENAL DIRI” DGN SIFAT ‘ALLAH’ YAKNI/TU SIFAT 20 AKAN MENJELASKANNYA…. – “SUBBHANALLAH”

  6. Sutomo Sudirlan says:

    Lebaran haji tahun ini, apakah semua sekolah muhamadiyah mengikuti garis komando PP muhamadiyah yang lebaran hari selasa 16 november 2010

  7. jores saputra says:

    setelah saya mnghitung jumlah ayat yg ada dalam al-qur’an ternyata jumlah nya 6236,,,,berapakah jumlah ayat al-qur’an yang sebenarnya????

  8. yongki sasmita says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…selama saya menghitung Kitab Al-Quran..jumlah ayatnya saya temukan 6236 ayat…
    jumlah persisnya tetaplah 6666 tapi yang 430 terahasia..kenapa terrahasi..kenapa terahasia???????

    temukan jawabannya di THOREKAT YANG MUKTABAR, ALIAS THOREKAT YANG TELAH MENDAPAT IZIN DARI PEMERINTAHAN…..sekian terima kasih semoga bermanfaat

    wassalamu’alaikum

  9. gusngger says:

    Info yang menantang. Lakukan penelitian terus. Beda adalah biasa. Saling menghormati… dan memahami.

    Salam…

  10. hashim says:

    jumlah ayat yang diterangkan di dalam lampiran belakang alquran resam usmani adalah 6236.tak pernah ku kira cuma ku ikut apa yang tertulis…terima kasih

  11. mohd ikhwan haizi bin ali says:

    ‎1000 ayat al-Quran berkaitan menyuruh membuat kebaikan
    1000 ayat al-Quran berkaitan mencegah kemungkaran
    1000 ayat al-Quran berkaitan Janji diberi pahala
    1000 ayat al-Quran Janji dibalas seksa
    1000 ayat al-Quran berkaitan ayat membandingkan dengan sesuatu.
    1000 ayat al-Quran berkaitan dengan Kisah dan Khabar
    500 ayat al-Quran Berkaitan Halal dan Haram
    100 Ayat Al-Quran berkaitan dengan Doa dan Tasbih
    66 Ayat al-Quran berkaitan dengan Nasakh dan Mansuh.

  12. wahyu says:

    a Allah jgn lah sampai berdebat kan para ulama ada yg meng hitung setiap surah nya memakai basmalah dan ada juga yg tidak padahal kan basmalah dalam Al-qur’an hanya di surah al-fatihah kalau yg saya hitung kemarin adalah 6.430

  13. Syukur says:

    izin copy sebagian untuk blog saya, syukron & jazakumullah

  14. Galang Putra Nusantara says:

    Assalamu ‘alaikum
    Sebenarnya saya telah mengetahui jumlah ayat Al Qur’an dan jumlahnya 6666 dan itu dpt di htung di Al Qur’an sebanyak 6593 dan dlm kta Muhammad dan jka kata Muhammad di htung dlm huruf hijayyah ada 62 kita lihat surat yg ke 62 yaitu surat jumu’ah yg terdiri dri 11 ayat selanjutnya kta jumlahkan kata muhammad dengan jumlah ayat di surat jumu’ah itu tdi berarti 62+11=73 jdi kta tambahkan lgi 6593+73=6666
    Billahi taufik walhidayah wassalamu ‘alaikum warah matullahi wabarakatu

  15. Pingback: Berapakah Sebenarnya Jumlah Ayat Al-Quran–Betulakah 6666 ayat? | Sumber Info dan Panduan Percuma

  16. abu sultan says:

    hanya para ulama yg ahli di bidangnya lah yg bisa berijtihad dlm menentukan jumlah ayat dalam al quran….kewajiban kita adalah unt mengamalkannya….

    • Honey Ismail says:

      setiap manusia palagi muslim harus mentadzabur qur’an agar allah menunjukki setiap orang muslim yang mau belajar, kepada sirotholmustaqim agar setiap diri selamat di akherat nanti dan ditempatkan di surga yang penuh kenikamatan dan didalam nya kekal, karena di akherat manusia setiap diri harus bertanggung jawab kepada masing-masing diri

  17. Ismail says:

    sama kitabnya sendiri aja bingung terus kalo berdakwah kebenaran yang mana disampaikan.. Al-Quran itu wahyu Allah yang pasti dan haq… seharusnya muslim mengerti dengan benar dan comprehensif terhaap kitabnya sebagai petunjuk dan pelajaran untuk seluruh mukmin dan manusia … bisanya bilang wallahu’alam … Terus tadzabur quran sampai ketemmu jawabannya Allah sudah berfirman Al-Quran tidak membuat susah manusia namun membuat gampang kalo manusianya mau bertadzabur dan akan diberi hidayah karena-Nya… Al-Quran itu jumlah ayatnya 6.236 ayat ditambah dengan 112 bismillah, kenapa bismillah anya 112 karena bismillah pada Al-fatihah sudah termasuk 7 ayat pada nya dan surat at-taubah tidak ada bismillah maka total ayat yang ada adalah 6.348 ayat. Orang mukmin harus yakin Al-Quran tidak ada keraguan padanya tu lihat :2/2 … semua masalah kehidupan bisa diselesaikan dalam Al-Quran kalo gak yakin jadilah kafir karenya. Maka setiap ada masalah acuan hukumnya hanya pada Al-Quran jangan kepada yang lain…
    6/153:Bahwa (AlQur’an) ini adalah Shiroothol Mustaqimku (tuntunanku yang tegak / jalanku yang lurus), maka ikutilah dia (AlQur’an itu). Dan jangan ikuti garis hukum yang lain, maka hal itu akan memisahkan (mencerai beraikan) kamu dari garis hukum-NYA. Itulah yang DIA wasiatkan padamu tentangnya, semoga kamu bertaqwa (menginsyafi)…..—-o—–

  18. suminis says:

    isi Al-Quran ttap sama, cara ngitungnya aja beda, no problem

  19. ahlilfikir6666 says:

    salam…………………………………………….

  20. segar malam di dihari siang
    berlabuh embun disenja hari
    berjalan puas penat pun datang
    lepaskan lelah di bawah matahari

    sayang merpati pulang petang
    ingin bersarang di pohon padi
    sayang sungguh bila dikenang
    tak sampai hati di biar pergi

    pergi ke pasar membeli ketam
    buat bekal mengetam padi
    di sapa org mengetam si kayu gelam
    buat hiasan dalam diri

  21. Saya setuju penjelasan tersebut,karena memang mungkin ada perbedaan mereka dalam menentukan titik titik ayat dalam Al -Qur’an.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s