Penjaga makam Yesus adalah berugama Islam



Gerbang itu besar dan tinggi. Pintunya dari kayu tebal dan bergerendel besi. Kaum Kristen di seluruh dunia mengenal gerbang itu sebagai pintu masuk Gereja Makam Kudus di Yerusalem.

Makam itu adalah bangunan tersuci umat Kristen. Mereka percaya gereja itu dibangun di atas bukit Golgotha, tempat Yesus Kristus disalib dan makam tempat ia bangkit kembali.

Wajeeh Nuseibeh bukan Kristen. Lelaki gemuk berusia 55 tahun itu beragama Islam dan hidup turun-temurun di kota yang menjadi Ibu Kota Israel itu.

Wajeeh Nuseibeh
Tapi, demikianlah adanya. Makam suci itu dijaga selama berabad-abad oleh sebuah keluarga Muslim. Wajeeh adalah salah satu keturunan keluarga itu yang kini menjadi juru kunci Gereja Makam Kudus.

“Tak seorang pun di seluruh dunia yang boleh membuka gereja itu kecuali aku,” katanya seperti dilaporkan Time edisi 31 Juli 2006.

Ketika Kalifah Umar menguasai Yerusalem pada tahun 638, ia menugaskan seorang prajurit Arab, nenek moyang Wajeeh, menjaga gereja itu. Sejak itu keluarga Nuseibah tak cuma menjaga gereja tapi juga menjadi wasit bagi tujuh sekte Kristen yang saling memperebutkannya.

Tiga kelompok terkuat — Katolik Roma, Yunani, dan Armenia — memegang 70 persen kepemilikan gereja. Setiap kelompok mengaku berhak memiliki tempat suci itu. Masing-masing meletakkan patung-patung malaikatnya di dalam basilika.

Beberapa tahun lalu, misalkan, sekitar 500 pendeta Yunani dan Fransiskan bercekcok berjam-jam, saling melempar bangku dan memukul dengan tangkai tempat lilin. Ini terjadi gara-gara satu sekte harus melintasi barang suci milik yang lain.

Selama berabad-abad kecurigaan dan kebencian itu membuat hanya seorang Muslim yang dapat dipercaya memegang kunci Makam. “Kaum Kristen menilai aku netral,” kata Wajeeh.

Wajeeh hanya digaji sekitar Rp 45 ribu per bulan oleh masing-masing sekte. Jadi, ia menerima sekitar Rp 315 ribu per bulan untuk mengurusi tempat itu. Tapi, dia mengerjakannya dengan serius karena itulah tugas keluarganya.

Keluarga Nuseibeh dulu punya ladang-ladang zaitun yang luas, tapi telah musnah setelah perang 1967 ketika Israel menjajah wilayah Yordania.

Wajeeh mendapat uang tambahan sebagai pemandu wisata. Sebagian keluarga Nuseibeh kini menjadi profesor dan pengusaha, tapi takdir Wajeeh, yang diwariskan oleh ayahnya, adalah menjaga Makam Suci.

“Kadangkala orang-orang memarahiku. ‘Kamu Muslim. Apa yang kau lakukan di sini?’ Aku katakan kepada mereka, ‘Kami tidak fanatik. Kami menghormati kaum Kristen’,” kata Wajeeh.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

17 Responses to Penjaga makam Yesus adalah berugama Islam

  1. Muhadah. berkata:

    Kalau aku yang menjaga makam tu, aku tak akan pernah membayangkan Jesus/Isa a.s itu anak Tuhan. Tapi sudah tentu pengunjung yang Kristian semua membayangkan Jesus itu anak tuhan atau triniti. Aku sentiasa beranggapan bahawa akidah yang dibawa jesus adalah akidah Islam.

  2. Ism. berkata:

    Jika ada sesiapa yang berugama Islam terlibat dalam kisah kisah sebegini,tempat mereka nanti di neraka jahanam!Mengapa harus bersubahat dengan tingkah laku orang orang kafir? Bukan kah jelas Allah Taala menyatakan bahawa Isa bin Mariam (Nabi Isa a.s.)Tidak mati sebalik nya di angkat oleh Allah Taala ke langit?Hanya orang kafir sahaja yang bermati matian menyangka Nabi Isa a.s. telah mati di salib oleh pendeta pendeta terkutok terlaknat Yahudi.Sememang nya Nabi Isa a.s. akan wafat juga akhir nya apabila baginda turun semula ke bumi apabila hari kiamat akan terjadi nanti dan di kebumikan dengan penoh kehormatan.Sebagai penganut Islam,kisah makam Nabi Isa a.s. di gereja yang di sebutkan di atas tadi adalah tidak benar!Nabi Isa a.s. masih lagi hidup di langit dalam keadaan di wafatkan oleh Allah Taala dan akan turun semula ke dunia apabila hampir tiba nya hari kiamat nanti.Harap maklum!

    • jack berkata:

      ism……tugas yang dia pikul itu dianugerahkan oleh allah….melalui khalifah umar…..
      anta faham nggak??

    • Arnez Hamidi berkata:

      Ism.. kamu tidaklah sewarak Syaidina Umar Al-Khattab, sahabat Rasulullah antara 10 orang yg dijanjikan syurga untuknya, dan dialah yg mewasiatkan seorang dari perajuritnya beragama Islam menjaga gereja itu, lantas apakah kamu fikir kamu lebih tahu dari Syaidin Umar.? Lautan Ilmu Allah SWT itu luas, janganlah bersandar kepada satu nas sahaja, sedangkan intipati keseluruhan ayat itu pun belum tentu kamu dapat menghuraikannya berdasarkan ilmu yg benar.?

  3. Mr.Nunusaku berkata:

    Kamu jangan bodoh….karena kubur Yesus sudah kosong….saya sudah membuktikan dan saya sudh melihat kubur Yesus yang kosong….dan saya sendiri bertaya pada seorang yang saat itu berada disamping kuburan Yesus…dia menjawab ini kuburan Yesus yang kosong…Yesus tidak ada disini, Dia telah terangkat kesurga ada bersama Bapanya disurga.

    Lalu saya ke Medinah untuk menyaksikan tentang kuburan Muhammad yang dianggap sangat muliah sebagai nabi terakhir oleh muslim…..saya heran terkejut kon nabi Muhammad dalam dalam kuburan Medinah..????mengapa ngak kesurga…?

    Jawaban dalam hadits Ans bin Malik…mengatakan pintu surga tertutup bagi Muhammad dan dosanya tidak dapat diampuni…oleh sebab itu umat muslim sedunia sedang berdoa 5x sehari doa syalawat nabi Muhammad….selahkan islam membaca Surah….

    • toni berkata:

      berbuatlah sesukamu didunia ini, kamukan udah yakin pasti, mati langsung pindah ke sorga

      • Abdi Gusti berkata:

        masalah surga dan neraka,,itu bukan urusan manusia,,urusan manusia adalah,,
        kerjakan perintahNYA,,,dan tinggalkan larangganNYA.

    • firm berkata:

      Wahai kafirit mr nunusaku, keluarga Nusaibeh itu menjalankankan amanah dari Sayyidina Umar bin khattab secara turun temurun, disitu ada gereja yesus yg dieprebutkan oleh 7 sekte kristen mereka saling gigit gigitan klaim-klaiman, Saidina Umar sangat toleran dan toleran pd umat karosetan,
      Itulah bukti bahwa Islam Itu pelindung bagi umat yg lain.

  4. gino berkata:

    Wallahua’lam

  5. juri berkata:

    Kalian semua jangan berdebat tentang hal yang kalian tidak tahu…mari hidup berdampingan dan damai..itu yang Tuhan inginkan kepada kita..tidak ada gunanya kamu punya agama tapi tdak berbuat apa yang agamamu ajarkan…. Tuhan itu baik dia suka perbedaan ….

  6. Yesus Juruselamat berkata:

    Islam sering mnyalahkan yahudi telah memutar belitkan injil…, sedangkan yahudi itusendiri menolak yesus. Mrka mnyifatkan yesus bukan mesiah dan sesat… sbb itu mereka tidak mempercayai perjanjian baru dan hnya berpegang kpd ajaran Moses atau Nabi Musa. Shingga kini umat yahudi masih berdoa dan trus mngharap Mesiah yg benar2… diutuskan oleh Tuhan. Tetapi Yesus sudah bersabda dialah yang terakhir dan slepas yesus adalah nabi palsu. Islam wujud slepas 400 tahun kewujudan kristian, ia jelas islam ant agama baru dan termuda seangkatan dgn agama bru spt Hindu, Budha, Bahai & ajaran lain..

  7. Netty Arni, SH-Notaris berkata:

    Marilah sdr2ku dan teman2ku yg dirahmati dan diberkati Allah dari ketiga komunitas agama samawi/langit/surgawi (Yahudi – Kristen – Islam) teristimewa/khusunya penduduk di tanah suci Yerusalem, dan penduduk dunia pd umumnya, …… kita bersihkan/sucikan/kuduskan hati/jiwa/roh/qolbu kita agar mempunyai hati yg sehat/bening shg apa2 yg keluar dari bibir kita ini manis bagaikan madu, tangan yg banyak berbuat kebajikan/kebaktian/keluhuran, kaki yg melangkah dlm kebenaran, berpakaian lenan putih perlambang kesucian, berikat pinggang dari emas perlambang kemuliaan, berkasutkan kerelaan/keikhlasan, …… dll hikmah/kebijaksanaan shg membuat diri kita layak dan tdk bercela ketika kita menghadap kpd-Nya, ……. Bukankah TUHAN Allah semesta alam, Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub telah memberi kpd kita semua pedoman/petunjuk hidup dg terang/nur/cahaya Kitab Suci Taurat bagi umat Yahudi, Kitab Suci Injil bagi umat Kristen, dan Kitab Suci Alqur’an bagi umat Islam. Kesemuanya bisa berjalan di atas jalannya masing2 krn ketiga kitab suci ini bagaikan bintang2 di langit yg mempunyai jalan lintasannya masing2 shg sebenarnya bintang2 tsb tdk mungkin bertabrakan, ……
    Mk marilah kita satukan harapan agar Bait Suci Ketiga bisa cepat dibangun oleh umat Yahudi yg sampai kini mrk blm bisa membangun Bait Suci Allah di Yerusalem sejak dihancurkan Jenderal Titus pd th 70 M shg Lampu Menorah bercabang tujuh yg ada di Ruang Suci/Kudus telah menjadi barang rampasan perang dan disimpan di Gereja Vatican hingga kini,…… Dan memang umat Islam pernah berkiblat ke Bait Suci Yerusalem ini sbl ditentukan sendiri bhw Ka’bahnya ada di Bait Allah/Masjidil Haram di Mekah. Mknya sebenarnya ada pertalian/persaudaraan yg erat antara Masjidil Haram/Bait Allah di Mekah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem ini. Puji Allah – Allah Maha Besar

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s