Rahsia huruf Alif Lam Mim dalam al Quran



Mungkin kita sering bertanya mengapa Alif Lam Mim dijadikan sebagai ayat per tama dalam Al-Quran setelah surat Al-fatihah? Lalu mengapa Al-fatihah dan Alif Lam Mim berada disurat per tama dan diawal surat kedua dalam Al-Quran, padahal wahyu yang per tama kali turun adalah Al-alaq 1-5?

Dalam sebuah artikel yang pernah saya baca, bahwa jalan hidup yang harus kita jalani didunia mulai dari per tama dilahirkan sampai dengan meninggal ada dalam Al-Quran. Mulai dari kewajiban yang harus kita lakukan ketika per tama kali kita dilahirkan, kewajiban yang harus dilakukan ketika tumbuh menjadi anak – anak, remaja, dewasa sampai dengan meninggal dunia termaktub dalam Al-Quran pada juz 1 – 30.

Jalan hidup yang harus kita lalui harus berdasarkan atas surat Al-Fatihah yang mana sebagai induk dari Al-Quran. Lalu setelah itu, kita mengikuti alur dari juz – juz yang terkandung dalam Al-Quran. Sebagai contoh ketika kita berumur 20 tahun, maka alangkah baiknya kita mempelajari juz 20 dari Al-Quran itu sendiri. karena hal – hal yang akan kita hadapi, kewajiban yang harus kita lakukan pada usia 20 tahun terdapat dalam Al-Quran dalam juz ke-20. begitu juga seterusnya.

lalu bagaimana seandainya umur kita sudah lebih dari 30 tahun, sedangkan dalam Al-Quran sendiri hanya terdapat 30 juz? Maka saat itulah, masa kita untuk mengamalkan semua yang telah kita pelajari dari juz 1 – 30 dari Al-Quran. karena, kebanyakan dari manusia, mendapat ujian kehidupan yang paling banyak pada usia 1 – 30 tahun. karena pada masa itu, manusia mendapat banyak ujian nafsu, harta dan segala macam godaan.

Lalu apa salah satu rahasia dan kekuatan dari “Alif Lam Mim”, sehingga dijadikan sebagai ayat pertama dari surat Al-Baqarah?

ketika kita baru dilahirkan didunia ini, ternyata Allah SWT menginginkan kita mempelajari “Alif Lam Mim”. karena itulah 3 macam pilihan jalan kehidupan manusia didunia. “Alif Lam Mim” terdiri dari huruf ” م ل ا ” yang mana 3 huruf ini mempunyai kandungan makna yang sangat dahsyat.

Huruf pertama, yaitu ” ا = Alif ” menjelaskan manusia yang pada masa hidupnya, berada pada jalan yang lurus sebagaimana huruf “Alif” tersebut. Yaitu, manusia yang selalu mentaati segala perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, menjaga hawa nafsunya, mulai dari pertama dia dilahirkan sampai dengan meninggal dunia. Yang mana jalan hidupnya selalu diridho’i oleh Allah SWT. sehingga surga Firdaus selalu menantikan manusia – manusia seperti ini.

Huruf kedua, yaitu ” ل = Lam ” menjelaskan manusia yang jalan hidupnya seperti huruf “Lam”, ketika dia baru dilahirkan dia berada dijalan yang lurus. Tetapi setelah menjalani tahapan kehidupan, ketika dia tumbuh menjadi anak – anak, remaja, dewasa dan sebelum meninggal dunia dia telah berbelok kekiri, dia meninggalkan semua kewajiban, tidak mentaati Allah SWT dan rasul – Nya. dia melupakan jalan kehidupan yang seharusnya dia lalui, Jalan lurus yang sudah diberikan oleh ALlah SWT sebelum dan ketika dia dilahirkan dibumi melalui hidayah – Nya. Dan malaikat Malik pun sudah siap menunggunya dipintu neraka. Naudzubillah min dzalik.

Huruf ketiga, yaitu ” م = Mim ” menjelaskan manusia yang jalan kehidupannya seperti huruf “Mim”. dia berputar – putar dalam kehidupannya mencari kebenaran, tapi diakhir tahapan pencariannya dia menemukan jalan lurus. Yang mana ketika dia baru dilahirkan, dia berada dijalan yang lurus. Tapi ketika dia tumbuh dan beranjak dewasa dia berputar – putar sendiri dalam kehidupannya mencari jalan kebenaran sejati. Dan akhirnya dengan izin Allah SWT diakhir pencariannya, dia menemukan jalan yang diridho’i oleh Allah SWT. Dan surga pun siap menerimanya.

Lalu jalan kehidupan manakah yang akan kita pilih???
Jalan kehidupan seperti huruf ” م ل ا ” “Alif” kah, “Lam” kah atau “Mim” kah???
Semoga kita selalu dijalan yang benar, dan terhindar dari jalan kehidupan seperti huruf ” ل “. Amin.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

168 Responses to Rahsia huruf Alif Lam Mim dalam al Quran

  1. neutrona says:

    Betul ker ni?

    • kikiwijaya says:

      Kalau saya bertemu Sang Imam hanafi diwaktu itu, bahwa Alif Lam Mim itu sudah punya falaq dan bijinya, yang ingin saya sampaikan nama falaqnya dahulu diantaranya adalah : Alif artinya jujur /lempeng , Lam artinya nepak/yakin, dan Mim artinya angin. sahabatku sekalian mari kita kaji bersama tentang arti dan sifat masalah falaq tersebut, maka Insyaallah akan terkuak semuanya.

  2. Banjoe says:

    Benar bung, apa yang tak betulnya?
    Perkhabaran Al-Quran itu benar belaka. Nggak ada yang salah…

    Perbedaan cuma dalam mentafsirkan makna-maknanya saja. Ada orang mentafsirkan maknanya secara yang tersurat. Ada orang mentafsirkan maknanya secara yang tersirat. Dan ada orang yang bisa mentafsirkan maknanya apa yang tersembunyi…

    • basheer@yahoo.com.my says:

      al quran tidak syak lagi akan kebenaran nya kerna itu satu daripada iman cuma tafsir tuan ini boleh mengelirukan.apa pun faham al quran dulu.

  3. ali zuhdi says:

    hanya dengan pertolongan ALLOH dan yang selalu bermujahadah meneladani nabi dan sahabat yang selamat dan lurus.
    mintalah senatiasa pertolongan Alloh
    amien

  4. ain rahman says:

    bagaimana jikakita berumur 40 tahun ?.
    mohon di jawab dengan rinci !…

  5. HAIMIN says:

    kalau ALIF LAM MIM SAD

  6. MOHD ARIF WONG says:

    terbaik yang kita dapat””Mahakasih

  7. powerc66 says:

    Huruf Alif adalah hakikat diri kita yg sebenar2nya. (Alif itu martabat zat)
    Huruf Lam itu adalah perantaraan (Jibrail)
    Huruf Mim adalah Muhamad (Nama bagi nur yang cerah lagi tajalli)

    • budiman says:

      Assalamualaikum saudara powerc66,
      Saya perlukan guru..
      harap dapat membantu.
      emel kan kepada saya budy_@hotmail.com

      ~yang daif

    • muhammad thahir says:

      Alif adalah Hakikat DIRI = ruh atau nyawa kita
      Lam adalah Hakikat perantaraan atau Rasul
      Mim adalah Muhammad, adalah nur muhammad

      Sehingga maknanya adalah Untuk kembali menemui asalNya Ruh (Yaitu Allah SWT), maka mestilah ada Rasulnya atau perantaranya yaitu nur Muhammad. Bahkan Jibril pun tidak bisa tajalli kepada Allah SWT.

      • yang tidak ada daya upaya melainkan dgn kuasa Allah says:

        SALAM SAUDARA…MINTA IZIN UTK BETULKAN SEDIKIT. Alif itu adalah Dzat(KunhiZhat). Lam itu adalah Adam yakni tubuh. Dan Mim itu adalah Muhammad. Muhammad itu bukanlah perantaraan sbbnya ialah Muhammad itu ialah Nur Muhammad(Roh) yg tak berwajah atau bentuk. Ia hanyalah Nur yg dijadikan dari Nur Allah. Muhammad adalah Rasul. Kajilah maksud yg sebenar yg tersirat dalam kalimah 2 shahadah dan Bismillahirahmanirahim. Insyallah anda akan ketahui….Wallah Hu Alam

      • Abuzar Ikhsan says:

        Hamba sependapat dengan saudara yang menyatakan kalimat ini “SALAM SAUDARA…MINTA IZIN UTK BETULKAN SEDIKIT. Alif itu adalah Dzat(KunhiZhat). Lam itu adalah Adam yakni tubuh. Dan Mim itu adalah Muhammad. Muhammad itu bukanlah perantaraan sbbnya ialah Muhammad itu ialah Nur Muhammad(Roh) yg tak berwajah atau bentuk. Ia hanyalah Nur yg dijadikan dari Nur Allah. Muhammad adalah Rasul. Kajilah maksud yg sebenar yg tersirat dalam kalimah 2 shahadah dan Bismillahirahmanirahim. Insyallah anda akan ketahui….Wallah Hu Alam”

    • insan says:

      setuju dengan pendapat anda.

    • basheer@yahoo.com.my says:

      saya setuju

    • hendri putra says:

      alif tegak lam nampak mim nyata, maknanya: ALIF tegak puji bagi allah tegakkan perjuangan sbg pengemban amanah allah sucikan hati,niat ikhlas semata-mata karena allah. LAM nampak puji bg malaikat nampak terlihat semua isi alam ini kalam2 alam, sucikan lidahmu dengan ucapan yg benar. MIM nyata puji bagi muhammad nyatakan dalam perbuatanmu karena engkau di utus ke muka bumi untuk menyatakan kebenaran dan memerangi kemungkaran baik dalam bentuk dirimu sendiri maupun bagi seluruh umat

  8. WakKito says:

    Kalo mahu tahu apa makna “Alif-Lam-Mim” sangat payah.
    Apalagi mahu ketemu hakeqat “Alif-Lam-Mim” tersangat susah.
    Kalo udah ngerti membawa jalan2nya semuanya menjadi mudah…

    Berdirilah dia dgn sendirinya seperti huruf “Alif”.
    Rukuklah dia dgn sendirinya seperti huruf “Lam”.
    Sujud dan duduk dia dgn sendirinya seperti huruf “Mim”…

    Itulah dinamakan keberadaan jalan ilmunya “Alif-Lam-Mim”.
    Berhimpon 134 tersirat “Si-Lapan” rahsianya ke”Hidup”an.
    Bermula jalan “Si-Sepuluh” itulah sebenar2nya jalan…

  9. mufrih88 says:

    salam…tapi sblm ni sya pnh dgr alif,lam,dan mim xdpt diketahui maksudnya…degn kata lain,hya Allah yg tau maksud perkataan2 tersebut…mtk pandangan sahabat semua;)

  10. sang kodok says:

    artikel …tolol
    alif, lam, mim
    sifatnya mutasyabiah
    jangan sbrngan mengartikan…

  11. ddd says:

    Alif = Tuhan /pencipta
    Lam = Manusia /menjalankan
    Mim = Alam semesta /perusak
    3 hal yang mutlak ada di kehidupan.

  12. roslan says:

    awal2 aliff di kenal namun tetap di kandung lam maka lam aliff rahasia yg benar2 rahsia ……………tanggal berapa rasullulah wafat?huruf lam aliff adalah huruf ke berapa….???fikirlah renunglah

  13. zaid (pedangnya) says:

    ALIIF LAM MIM?????????
    ALLAH LATIF (MEMPERHALUSI) MUHAMMAD!!!!!!!
    LU PIKIR LA SENDIRI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    MINTA SAUDARA KU SAKALIAN JANGAN!!!!!MENYATAKAN SESUATU TANPA KEYAKINAN !!!!!!!!!!!!!!!!

  14. boyke says:

    wah hebat ya…
    Agak aneh sih diartikan berdasarkan bentuk, saya kira bahasa arab…

  15. amir says:

    bagaimana dengan kenytaan lam itu lam rijalullah atau lam jalalullah..yakni lam awal lg tungal ?? berbeda dengan kenytaan yg dikatakan lam itu sudah lari dari dr jalan yg lurus.. apkah kaitan alif lam mim dengan alif lam ra?

  16. amir says:

    berhati2 mentafsir kalimah tu.. nati makn diri??tapi bagus lah mentelaah alam kerohanian…

  17. bondan says:

    power 66 tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar…..bagi yg ingin mengetahui, bergurulah pada guru yg mu’tabarah supaya faham lagi lurus…

  18. Meidi says:

    Jangan ngarang lo…

  19. Dark Fent says:

    Alif lam dan mim tidak membawa maksud apa pun. Ianya rahsia yang hanya diketahui oleh Allah s.w.t. Samalah juga seperti ya sin, ha mim, ta ha, ain sin qaf dan banyak lagi. Perumpamaan sahaja tidak membuktikan sesuatu fakta. Bukankah lebih banyak ayat2 al quran yang menunjukkan kebesaran Allah. Contohnya surah Al-naml dan Al-Alaq, etc. Dalam surah2 tersebut terdapat ayat2 yang mempunyai bukti sains yang cukup menakjubkan.

    • n pak udin says:

      Bukankah Al-Quran tu petunjuk kepada seluruh umat manusia? Jika alif lam mim tidak membawa maksud apa pun dan maksudnya hanya diketahui oleh Allah s.w.t sahaja jadi kenapa diturunkan juga ayat tersebut? Fikir-fikirkanlah sedalam-dalamnya….

      • yun says:

        Ini menujukkan ilmu Allah lebih tinggi daripada ilmu manusia. Sebenarnya perkataan alif lam mim dan yg lain yg tidak dapat ditafsirkan maknanya adalah Allah turunkan untuk memberi pengajaran kepada kaum-kaum Arab terdahulu. Mereka sering bertanding siapa yang lebih hebat melalui bahasa puitis mereka. Maka Allah turunkan perkataan ini bagi menyedarkan mereka bahawa terdapat sesetengah perkara yang mereka tidak dapat rungkaikan. Hanya Allah yang mengetahui. Wallahualam. Lagipun banyak lagi isi-isi kandungan al-Quran yang boleh kita jadikan pengajaran. Jadi tak usahlah kita bersusah payah merungkaikan perkataan ini. Ambil yang lebih utama.

    • irvan says:

      rang yg mndpat gelar syeh brarti sudah sdrajat dngn wali…
      nmun ada syeh yg berkata…
      apkah allah merahasiakan hal kpda umat a….
      allah tdk prnh merahasiakan apapun kpada umat a…

  20. yudha206 says:

    itulah kebesaran kalamullah… cuma dari huruf alif,lam, dan nun kita bisa mengambil dari segi posituf nya,.. dan kita hartikan sedemikian rupa, allahuakbar,.. tapi arti yg sebenarnya hanya allah lah yg tau… wallahualam…

  21. Amir Mahmudi says:

    Ada benarnya pendapat anda,coba dikaji lebih dalam lagi

  22. irvan says:

    alif lam mim
    lurus,slah,dsb

    jd klau alif lam lam ha…
    tu pa ea…

  23. tarikat says:

    pandai2 jer…. xtau jgn nk men hembus jer

  24. aery says:

    maaf la saya kurang arif dlm bab ugama apa yang saya ingat tuntutlah ilmu walaupun satu huruf “Alif”.

  25. fahri says:

    wah pada jadi ahli tafsir semua ya he he

  26. Murdan BEnny says:

    Ya Sin Alif Lam Mim
    Alif Lam Ra Ha Mim Nun

    Ya Salam ar-Rahman

    • hendri putra says:

      ya…sin : hai…manusia yg mempunyai siir.allah malikat dan roh .allah malaikat muhamad haq allah hak muhammad nuur. salaaam…

    • yang tidak ada daya upaya melainkan dgn kuasa Allah says:

      Ya Sin Alif Mim Alif Lam Ra Ha Mim Nun ada di dalam kalam Bismillahirahmanirahim…kajilah maksud nya dgn mendalam.Tajamkal akal insya,allah ANDA AKAN KETAHUI RAHSIA Allah…..Subahanallah…Allah Hu Akhbar

  27. Gus Budi says:

    Ini sekedar apa yang pernah kita kaji bukan saya menafsirkan, Alif mengandung maksud Allah lam mengandung maksud Menyata, mim mengandung maksud Muhammad jadi Allah menyata dalam Muhammad sekali lagi mohon maaf ini sementara yang saya fahami

    • hendri putra says:

      salaam. mendekati paham..yg anda katakan. allah malaikat muhammad, bukankah alquran untuk kita dr allah yang disampaikan melalui kalam2nya kita adalah muhammad yg nyata di akui atau tidak tetaplah alquran petunjuk untuk kita mahluk paling sempurna ketika kenal dirinya siapa…

    • fatien says:

      sdr Gus Budi..pesan sydina Ali..halal lah darah ku dimata pedang andai ku bercerita rahsia AlifLamMim pada yg bukan dari ahlinya..

  28. Sesungguhnya ia adalah Kunci Syurga … Ya! Allah… Aku bersaksi Tiada Tuhan Yang Disembah melainkan Engkau dan Nabi Muhammad itu pesuruh Allah. Allah hu ….. La Ilaha IillAllah…. Muhammad Rasul Allah

  29. fajri says:

    Melihat dari pada artike dan para saudara yg berkomentar,trmasuk saya tak ada satu pun di antara kita yg memaknai ALIM LAM MIM trsebut secara sama/sepakat dalm satu pengrtian.masi2 mmberikn isyarat perbedaan sebagai mana huruf2 trsbut ALIM LAM MIM yg jg berbeda2.
    Pd akhirnya ALIM LAM MIM trsebut yg tlah diberi makna berbeda beda dr masing2 pendapat adalah kembali pada hakikatnya yakni ALIP LAM MIM hanya allah yg maha mengetahui dgn sebenar benarnya.artinya bahwa akal fikir manusia itu memiliki kapasitas kterbatasan.akal(pengtahuan) manusia tidak akan mampu meliputi ilmu allah.bagai mana mungkin akal manusia itu mampu meliputi ilmu allah,sedangkan kenyataanya akal dan pngetahuan manusia itu sendiri dari pada allah.
    Jadi dapat kita simpulkan bhwa:
    ALIF LAM MIM ialah pada hakikat nya tiada yg mengetahui melainkan hanya allah,artinya pengetahuan yg ada pada kita ini hakikatnya milik allah semata mata.jangan disangka/di rasa bahwa ilmu itu milik kita atau kita memiliki ilmu,karena tlah kmbali pd hakikatnya.artinya fana(lenyap) kita dlm ilmu allah…jika lah lenyap kita pd ilmu allah.insya allah ta’ala trsingkap akan rahasia nya yg ia sendiri mnampaka akan rahasianya.

    SALAM pd smua rekan,
    mhon maaf bila ada slah kata,dan abaikan saja perkataan ini jika tiada benar dalm pandangan anda,cukup ambil hikmahnya bahawa tak pernah lepas kita ini dari pada slalu mohon kpd allah di jalankanx kita pd jalan yg haq,yg di ridhoi Nya.

  30. pyan says:

    jgn kamu mengikuti apa apa tanpa ilmu pengetahuan,sesungguhnya pendengaran,penglihatan dan hati akan dipertanggung jawabkan.Oleh mohon dalilnya!!!

  31. Shukri313 says:

    Assalamualaikum…
    Hadirnya hamba di sini bukanlah untuk mengupas yang tersirat dari Alif Lam Mim. Cuma izinkan hamba mencelah sekadar ingin berkongsi;

    1. Anggapan huruf-huruf tersebut tidak mengandungi apa-apa erti adalah dusta. Ini kerana Allah tidak akan melakukan sesuatu yang sia-sia.

    2. Allah sengaja menurunkan ayat-ayatnya yang sebahagiannya nyata dan sebahagiannya samar agar kita mencari dan terus mencari. Sifat mencari inilah yang dikehendaki agar tertanam di dalam diri.

    3. Yang paling penting ialah tindakan kita di sebalik maksud dan rahsia yang tersembunyi. Apakah kita hanya akan duduk dan baca sahaja tanpa melakukan apa-apa. Ayat-ayat Allah hanya berlalu di depan mata. Langsung tiada sikap untuk menkaji. Tidak berhajat untuk mengenal diri. Jauh sekali mengenal Allah yang kekal abadi. Semoga Allah Taala memberikan petunjuk untuk kita lalui. Semoga kita berjaya dalam pencarian yang hakiki. Amiin.

  32. Assalamualaikum,dulu saya pernah mendengar guru menjelaskan arti alif lamim hanyalah Allah saja yang tahu,Beliau juga mengartikan ,Alif= Allah,Lam=jibril,dan Mim = Muhammad
    Dan selebihnya Rahasia Allah S.W.T

  33. bosku says:

    asalamualikum…ssaudraku yg di rhamati allah.brbalik kpada prtnyan tadi sprti.ayat alif laam miim hnya org2 yg di bri ptujuk oleh allahhutallah shja yg tahu.aminnnnn…

  34. Alif says:

    bagaimana agaknya org muslim yg baik2 tetapi dikurnia akal yg lemah dan bodoh sedikit
    utk memahami semua ini. adakah rugi dia?

  35. Latifah says:

    Untuk mengetahui ILMU ketuhanan ini tidak dikhaskan hanya untuk org yg lmh akal dan bodoh sahaja, malah ia adalah satu cabang ilmu ketuhanan yg dianugerahkan kpd siapa yg allah kehendaki, malah ianya tidak rugi wahai nak Alif…malah anak adalah sebutir bintang yg bersiar diantara bintang2 yg ada, inilah yg dikatakan AZAN, apabila tlh mndngar dan diberi hidayah Ilmu Makrifat ini maka bersegeralah mempelajari nya….jgn ragu ragu lagi…percayakan Allah, minta padanya petunju “jalan yg benar yg lurus agi di redhoi” ingatlah allah lah tmpat kita meminta bukan sape sape selain DIA…wahai Anak sekiranya seseorang itu memiliki segulung PHD sekali pun sekiranya ALLAH tidak mengizinkannya, maka ia tidak akan mendapatkannya….wallahualam.

  36. agus says:

    Kita bebas memaknai / mengartikan/ menjabarkan/ Alif Lam Mim menurut pandangan syariat maupun hakekat sesuai dengan ilmu yang kita miliki sesuai dengan alasan beserta sumber2 hukum nya , yang saya tahu “Alif Lam Mim ” adalah termasuk nama-nama Allah yang berkumpul yang di sebut dengan Ismul Jami’/ Ismun Jami’. seperti halnya nama-nama Allah yang sering di sebut dengan Ismul Azhom dan Asmaul Husna .

  37. Perjalanan Roh says:

    Assalammualaikum, saya dari Malaysia.. secara tidak langsung hati saya terdetik untuk ‘Google’ adakah artikel mendebat/bertukar fikiran mengenai Alif Lam Min… Allhamdullillah saya jumpa ruangan ini. Sekadar pandangan saya sahaja, Alif Lam Min = bunyinya ALAM tapi maknanya amat besar sekali untuk saya fikirkan Wallahhualam. Nyata yang saya rasa sedih sebab ada yang memarahi atau menegakkan pemahaman ilmu masing-masing tanpa ingin mendengar pengkosian ilmu oleh sahabat-sahabat lain. Apa salahnya kita bertukar-tukar pandangan bukan untuk orang lain ikutkan sebab kita bukan Rasul.. kerana Nabi Muhammad S.A.W adalah rasul terakhir yang boleh mengajak kita mengikut ajarannya, cuma kita umatnya jadi kita boleh berkongsi ilmu dalam keadaan yang harmonis, InsyaAllah yang terbaik untuk semua.

  38. Perjalanan Roh says:

    Masing-masing diberi akal & hati dan segala ilmu semuanya dari Allah Taala. :) Tidak salah segala pertukaran fikiran di dalam ruangan ini kita akhiri dengan melaksanakan ‘Solat Iktikarah’ (Solat petunjuk) meminta pada Nya Yang Esa di atas perkongsian ilmu di sini yang sesuai untuk bekalan kita seterunya di dalam perjalanan hidup ini. Di sini petikan dari Al-Quran (terjemahan bukan tafsiran) dalam bahasa Melayu:
    Surah Al-i-Imran, ayat 7 (3:7):
    [7] Dia lah yang menurunkan kepadamu (wahai Muhammad) Kitab Suci Al-Quran. Sebahagian besar dari Al-Quran itu ialah ayat-ayat “Muhkamaat” (yang tetap, tegas dan nyata maknanya serta jelas maksudnya); ayat-ayat Muhkamaat itu ialah ibu (atau pokok) isi Al-Quran. Dan yang lain lagi ialah ayat-ayat “Mutasyaabihaat” (yang samar-samar, tidak terang maksudnya). Oleh sebab itu (timbulah faham yang berlainan menurut kandungan hati masing-masing) – adapun orang-orang yang ada dalam hatinya kecenderungan ke arah kesesatan, maka mereka selalu menurut apa yang samar-samar dari Al-Quran untuk mencari fitnah dan mencari-cari Takwilnya (memutarkan maksudnya menurut yang disukainya). Padahal tidak ada yang mengetahui Takwilnya (tafsir maksudnya yang sebenar) melainkan Allah. Dan orang-orang yang tetap teguh serta mendalam pengetahuannya dalam ilmu-ilmu ugama, berkata:” Kami beriman kepadanya, semuanya itu datangnya dari sisi Tuhan kami” Dan tiadalah yang mengambil pelajaran dan peringatan melainkan orang-orang yang berfikiran.

  39. loecee says:

    Bismillah….
    pingin gabung ni, bnr banget sesuatu yg brbeda g musti di jadiin perdbatan tpi justru gunkn untuk mmperluas pndangan, sbagaimna bentuk zahir mata melihat pemandangan tk selalu seindh yg kt pikirkn tpi justru dr situ kt dpat menmbah pemahan dan makna khdupan, bagaimnpun islam tu satu, nabi pembawa .x jg satu ( muhamad SAW ), tujuan.x jg satu ridha allah ta’ala….dunia & akhirat, semua di bawah kuasaNya…..
    berbeda dn tdk spendpat bkn menandkan kbodohn atau kslhphman, tp itulh slh stu bukti sgnap ktrbtasan manusia….bukannya menyadari v justru tu yg jdikn umat islam tk lg du2k brsma mmchkn n memplajari ilmu allah justru brtikai krna ilmu allah mnurut pmhamn msing”…
    bgaimana low sya prnh n sdang mndlami alif lam mim jg kmudian trnyata, sya bru sampai pmhaman bahwa alif tu sejatinya adlh Allah pertanyaannya adlh, dmna kdudukn alif dlm btang tubuh manusia..?, lam = alam, mim = muhammad… allah menciptakan segenap alam ( beserta isinya ) dan muhammad = manusia tak lain adlh untuk menyembah kepadanya, asalnya drmana kembalinya kmn, itulh knpa pernyataan alif lam mim hanya allah yang tahu itu timbul, bgaimna manusia bs tau asal dri mna dn kmbali kmna jk jati diri saja tdk tahu…tdk ad hal yg mustahil jk sdh mnjadi khndak allah, allah mnurunkn alqur’an sbgai pedoman hdup mnusia tk ad stu hurufpun yg tk brmkna, hnya klmahan kta yg mmbatasi pmhaman n mkna yg terkndung…semoga allah mmberikn hidayah n senntiasa menunjukkn jlan lurusnya pada kita..
    pengertian alif…lam…mim…tdk terbtas konteks itu saja…tpi meliputi semua asal kjadian diri manusia dan kmna iya kembali…islam sendiri mempunyai bbrpa tingkatan yg mliputi syariat, tarekat, hakikat, ma’rifat…yg perlu kta tau saat ini ditingkatan mana kt berbicara n mmahami…krn satu kata yg sma dlm ke empat tingktan ini brbeda mkna yg teramat jauh…ttpi intinya satu jlan…krna ilmu appun itu sumbernya satu allah ta’ala…nabi muhammad saja belajar dan mengajrkn hidupnya hingga nafas terakhirnya, jdi bagaimana kta bsa menuntaskn kunci ilmu ( alif lam mim ) nya dlam satu pmbahsan, tidak begitu… tpi disisa umur kita ini yg hrus kta gunkn untuk mncri sejatinya hidup ini n mmgang kunci ( alif lam mim ) untuk mmbuka pintu syurga…
    Kunci = adlh prumpamaan bukan subjek nyata..

  40. Cambuk Neraka says:

    Alif lam mim = sesungguhnya aku bersatu dengan dzat alloh yang maha agung dan nur mukhammad yang mulia.

  41. Joe Irfan says:

    Asalamualaikum – Ku bermula dgn Bismillah……(Dgn nama Allah)….
    Saya sekadar berkongsi:- Pada pengamatan saya, semua jawaban yg di tercatit diatas itu adalah benar semuanya. Tiada salahnya! Bermusyawarah….itulah ILMU namanya…..Persoalannya yg disebut “Alif, Lam & Mim” nah….jawabannya amat luas……asalkan sekalain permisah terima dengan dada yg lapang. janganlah sempitkan dadanya….”Yg bertanya dan yang menjawab….syaratnya harus “IKHLAS”…..
    Contoh:- Coba kita semua makan buah epal….Nah….bagaimana…?….bisa ngak kte jabarkan pada sekalian permisah yang “RASANYA” buah epal yang kamu makan itu sama manisnya ke…? atau sama masamnya ke….?…..Nah…jwabannya ada di dalam kamu sendiri….
    Maaf, aku hanya berkongsi saja……..
    “ALIF – teramat luas untuk kte terjemahkan. Kata Sunan Kalijaga : “Sampul Rasa” – maksudnya :- “Biarlah yang sedikit, agar sama-sama dapat merasa” ….Fikir-fikirkanlah…..

    Sekian- Ku akhiri dgn (Alhamdulillah – Segala Pujian Hanya untuk Allah)…..
    Wasalam.

  42. syetan says:

    dari nggak ada menjadi ada dan menuju tidak ada sampai nggak ada

  43. RAHMAN says:

    alif : CIPTAAN

  44. Ibrahim abd Talib says:

    Alif ZatAllah, Lam Sifat Allah,Ha Asma Allah, Mim Sirullah Dal Afaal Allah………………Ilmu hakikat.

  45. haris says:

    Allah tdk mempersulit manusia dg sesuatu yg tiada arti menurut bahasa manusia. smua ciptaan ada rahasia… semua rahasia bisa terungkap dg ilmu Allah.. smua sudah diturunkan termasuk daya pemahaman yg teraplikasi dlm otak… dan didukung dg iman, semua komentar tdk bisa disalahkan.. sebab smua berkomentar dengan basic ilmu yg didapat. tp jg tdk sepenuhnya benar.. karena kebenaran hakiki hanya Allah semata… jadikan ini sebagai sarana tukar pendapat.. rukun sesama hamba Allah adalah perwujudan Rahman & Rahim Allah.. silahkan sharing tp jgn gunakan rasa Akunya… sehebat2nya & serendah2nya ilmu keTuhanan kita hanya Allah yang menilai…..tergantung bagaimana manusia mau apa tdk menapak ilmu yg dikuasai ke dalam sejatinya Sholat… maafkan.. bila ada kata yg menyinggung… smoga kita dipilih Allah utk menjadi manusia yg mempunyai sahadat sejati, iman berlandas cinta serta sholat sejati sebagai perwujudan kesempurnaan interaksi ciptaan & pencipta. wassalam…..

  46. xxx says:

    kenapa huruf alif tegak berdiri.asal mulanya. huruf alim dari siapa?

  47. ginsunmoon says:

    Dalam konteks surah Al-Baqoroh, huruf alif-lam-mim pada ayat ke-1, adalah tidak terpisah pengertian (tafsir)nya dengan ayat-ayat yang selanjutnya, yaitu “dzalikalkitabu laroeba fihi hudalilmutaqin…” dan seterusnya hingga ayat ke-5.
    Jadi pengertian/tafsir sederhana seperti saudara/saudari yang ini:
    Hadijah Rachman says:
    Oktober 17, 2012 at 6:29 pm
    Assalamualaikum,dulu saya pernah mendengar guru menjelaskan arti alif lamim hanyalah Allah saja yang tahu,Beliau juga mengartikan ,Alif= Allah,Lam=jibril,dan Mim = Muhammad
    Dan selebihnya Rahasia Allah S.W.T
    dan yang ini:
    Gus Budi says:
    September 15, 2012 at 7:33 am
    Ini sekedar apa yang pernah kita kaji bukan saya menafsirkan, Alif mengandung maksud Allah lam mengandung maksud Menyata, mim mengandung maksud Muhammad jadi Allah menyata dalam Muhammad sekali lagi mohon maaf ini sementara yang saya fahami.

    Bisa/dapat dijadikan pijakan yang baik dan sederhana dan inshaAllah tidak menyesatkan. Karena bila kita tafakuri bersama, silahkan perhatikan/kaji arti/tafsirkan mulai dari ayat ke-2 hingga ke-5, jelas sekali didalamnya terkandung formula (rumusan) lanjutan yang menjelaskan alif-lam-mim pada ayat ke-1.
    bahasa sederhananya sebagai berikut:
    “Petunjuk yang diturunkan dari Allah melalui Jibril kepada Muhammad”.
    “Kitab (Qur’an) ini tidak ada keraguan didalamnya, merupakan petunjuk bagi orang yang takwa”.
    “Takwa = orang beriman kepada yang ghaib (asing/belum tahu/tidak tahu/tidak kelihatan) + orang yang mendirikan sholat + orang yang bersedekah/berinfak dari rezeki yang ia terima”.
    “Takwa = orang yang beriman kepada kitab/petunjuk/Qur’an ini + termasuk beriman kepada kitab-kitab sebelumnya + beriman kepada akhirat”.
    “Takwa = orang yang akan mendapatkan petunjuk yang lurus/benar dari Tuhannya (sebagaimana dimohonkan dalam surah sebelumnya, yaitu Al-Fatihah), mereka yang takwa inilah orang-orang yang beruntung”.

    wassalam…

  48. roslan says:

    setiap yang allah jadikan atau turunkan dalam alquran ada hikmahnya….alif lam mim tidak terkecuali…QURAN ADA MAKNA ZAHIR DAN BATIN, …..yang zahir ertinya begini dan yang batin ertinya begini.. mengikut tafsiran kitab wali tok kenal ALIF LAM MIM bermaksud…LAA..MAUJUD ILLALLAH…tiada yang wujud hanya lah ALLAH…

  49. BAHARUDDIN says:

    susah payah mencari bilah
    bilah ada di dalam buluh
    susah mencari ALLAH
    ALLAH ada di dalam tubuh

  50. Bung Semar says:

    Jangan pandai-pandai mengertikan sehingga berfalsafah. Muhasabah lah diri sejauh mana kita telah mengikut cara baginda Rosul. SETELAH faham apa itu ALIF, LAM, MIM, LEPAS TU NAK BUAT APA ?

  51. manusia says:

    mungkin alif lam mim sama maksud dengan “alam (alif lam mim) nasrah” yang bermaksud= bukankah aku yang melapangkan dadamu??????

  52. Tio says:

    saya cuma mau ngasih tau, tidak ada seseorang pun yang tahu arti huruf alif lam mim, jika kita mencari tahu rahasia allah niscaya kita akan jadi gila, ingat rahasia allah tidak ada seseorangpun yang tahu

    • adi says:

      jadi untuk apa Allah menciptakan rahasianya….? kalau untuknya sendiri perlukah Allah dengan rahasia! jd jelas Allah membuat rahasia untuk di ketahui hambanya

      • Bung Semar says:

        NAK TAHU MAKNA ALIF LAM MIM jadilah HAMBA YANG BERTAKWA.. Bukan sekadar berfalsafah sahaja. MARILAH KITA BERUSAHA , BEKERJA KERAS UNTUK MENUJU KETAKWAAN …BUKTIKAN……Kalau sekadar omong-omong kosong atau angan-angan …tidak KEMANA PUN ! hidup di dunia ini adalah perjuangan untuk kemenagnan menuju KE KAMPUNG SENTOSA bukan .. tidak mahu berjuang atau sentiasa kalah atau berasa SELESA DI SINI …ya ini akhir nya KE KAMPUNG SENGSARA. BERPANDUKANLAH YANG SEBENAR AGAR TIDAK TERTIPU….AWAS….

      • jalanakhirat says:

        Asalamualaikum

        Benar Bung Semar,

        Selagi mereka tak kenal diri, sifat dan Muhammad sampai kiamat pun mereka tidak ngerti kerana al Quran itu diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw.

        Wasalam.

  53. Hanafi Hans says:

    suasah ya?
    Makanya jangan pake akal fikiran sja, cobalah bersihkan jiwa, maka Tuhan akan memberi petunjuk sesuai kadar kemampuan mu menerima makna alif lam mim itu, krn tiap org itu berbeda tingkatannya. Maka mohonlah pada Allah petunjukNya, agar diberikan hikmah ini pada kita, sesuai kemampuan kita dalam memahaminya, bisa lwt orang lain, ilham, mimpi yang benar dll.

  54. Hanafi Hans says:

    sekarang saya sampaikan yng saya tahu ttg apa itu alif, lam dan mim, dari pendapat Ahl Bait Nabi itu adalah nama lain mereka, juga menunjukkan pada ismul a’dzam , rahasia Ketuhanan, Nur Muhammad dan lain-lain. Jadi banyak sekali makna nya.
    .

  55. Hanafi Hans says:

    Berkaitan dengan Nur Muhammad(yang merupakan manifestasi dari pemahaman Alif, Lam, dan Mim), yang terakhir saya pahami ttg hal ini adalah:
    Bahwa Nur Muhammad, adalah sesuatu yang paling awal ada diciptakan Allah, namanya bisa berbeda dalam tiap agama dan kepercayaan lainnya. tp siapa saja yang mengenal, paham dan dapat ijin (dari Tuhan) menggunakan apa yang ada pada Nur Muhammad ini, atau saya lebih senang menyebutnya stasiun/maqam Nur Muhammad, Maka ia bagaikan para Nabi, Wali dan para Dewa atau yg setingkat dengannya, dapat mengetahui segala sesuatu, dapat menciptakan segala sesuatu, dan dapat pergi kemanapun di waktu apapun(baik ke masa lau ataupun masa depan) , baik di alam semesta ini, atau alam semesta sebelum dan sesudah alam semesta kita, ke langit 1-7 sekalipun, surga atau neraka pun, Asal sekali lagi ia telah berada di maqam Nur Muhammad dan syarat2x nya untuk mencapai maqam ini telah terpenuhi(sesuai ajaran para Nabi dan Wali; spt antara lain, telah mencapai maqam Mahabah, mati maknawi , fanafillah, baqabillah dan seterusnya sesuai kehendak Allah SWT). Amin.

  56. Bung Semar says:

    Mahu bersihkan jiwa / mahu kenal diri/ mahu menjalani ( thoriq), MESTI ADA PENUNJUK JALAN / PEMANDU/ KELENGKAPAN (PERALATAN)/ PETA / BEKALAN/ METHOD YANG DI AKUI ATAU DIJAMIN OLEH RASULLULLAH S.A.W yaini jalan-jalan orang yang DAHULU telah berjaya DAN TELAH MENDAPAT PENGIKTIRAFAN DARI ALLAH SUBHANAWATAALA DAN ROSULLULLAH S.A.W

  57. sirna says:

    Assalamualaikum warahmatullah…

    perbincangan yg menarik.
    setiap manusia itu hanya dapat memahami rahsia huruf Alif Lam Mim sekadar menurut ilmu dan kefahaman yg Allah kurniakan kepadanya. Sekiranya ingin mengetahui dan memahami rahsianya maka berpeganglah kepada Al Quran & Hadith. Tunaikanlah hak setiap huruf(makhraj huruf) dan hak setiap ayat(Tajwid Tartil Tadabbur). Allah memberi petunjuk kepada sesiapa yg dikehendakiNya dan orang yg paling banyak mendapat petunjuk adalah orang yg selalu mengikut petunjuk. Amalkan apa yg kamu tahu nescaya Allah mengajarkan kamu apa yg kamu tidak tahu.

    la haula wala quata illa billah…

  58. darso says:

    jawaban yang paling benar nanti…., kalo dah mati…, dikubur…, jalani siksaan…, kalo dah lulus langsung tanya saja sama ALLAH SWT. ”UNTUK SEMENTARA SILAHKAN PERTAHANKAN PANDANGAN KALIAN MASING MASING TANPA ADA PERPECAHAN”

    WASALAM

  59. akuharapkanazza says:

    alif lam mim,,,,,,,,,,,?
    (????)= ( inilah makna yg sebenarnya ), tidak ada bahasa yg bisa membahasakan (alif lam mim)
    saya faham ja gak bisa membasakannya,

  60. Anonim says:

    Jgan ngarang lho . . .
    Qu mau nanya,, tu dasarnya dari mana ya.?
    Apkh anda bs jawab.?
    Dr kitab Alloh kah.? Atau al-hadist.? Jka ada, kasih tau donk..??????

  61. Demangz says:

    Tuhan jadi kan manusia
    Aku Lah Manusia

  62. Demangz says:

    Tuhan jadikan semesta alam utk Muhammad (bukan Nabi Muhd)
    Aku Lah Muhammad (Yg Terpuji)

  63. Demangz says:

    Bangkitnya Islam oleh golongan akhir zaman bukan dari negeri2 Timur Tengah…..
    Bangkitnya semula kegemilangan Islam adalah dari Asia Tenggara…..
    Layu bukannya mati hanya belom seger….kalau Melayu dah tak layu,
    Akan dinamakan bangsa Majulah…..

  64. andi says:

    sepanjang pengetahuan saya : ALIF itu artinya manusia, LAM itu artinya alam, dan MIM itu artinya aturan. Begitu juga dengan ALIF LAM RO, ALIF LAM SOD, RO dan SOD itu adalah aturan.

  65. aduuhhh,,,!! knapa kalian brani sekali mengartikan alif lam mim.
    pertanggung jawabanny besar kali tu kalau kalian salah mengartikanny, walaupun niat kalian tu baik.
    tapi kan efekny tidak baik bagi pengetahuan umat pa bila itu tak bnar pa yg kalian artikan tu.
    istifar lah saudaraku yg seakidah. ALLAH MAHA PENGAMPUN.
    alif lam mim – hanya ALLAH yang mengetahui,, bukankah itu jelas.
    apakah yg di ktahui ALLAH kalian jg mngetahui.

  66. joko lelono says:

    Saya bukan ahli agama dan juga bukan seorang yang terlalu saleh, saya hanya orang biasa yang ingin menanggapi atau memberikan pandangan yang agak lain dari pembaca lain, yang mungkin dapat berguna. Alif Lam Mim, Alif lam ro, Ya Sin dan sebagainya, sungguh merupakan Kalimat Allah yang sangat bermakna. Saya berkata begitu karena hati saya berkata begitu, saya sedikit menguasai ilmu agama, sedikit ilmu fisika modern, dan ilmu jiwa.
    Aku berasal dari sesuatu yang tidak aku ketahui, aku hanya bersukur aku ada di sini dapat hidup, melihat, mendengar, merasakan dan bertemu dengan sesama maupun bukan sesama. Kemudian dari pengalaman yang aku lihat aku nanti akan mati, dan pasti mati dan aku juga tidak tahu akan kemana jika tidak ada berita dari para nabi yang aku yakini. Sebelum kematian maupun sesudah kematian sejujurnya hingga kini aku belum mengerti dan hanya aku pahami sebatas yang disampaikan oleh nabi. Aku hanya berfikir untuk berusaha berbuat baik dan selebihnya aku berusaha untuk pasrah pada kehidupan.
    Dari sedikit yang aku tahu tentang alam semesta, kata para ahli fisika modern alam semesta berawal dari kondisi yang disebut ” Big Bang” . Satu kondisi dimana definisi ” ruang-waktu ” belum dapat disebut, kondisi dimana segala hukum alam tidak berlalu, hukum seban akibat tidak berlalu, waktu dulu, sekarang dan akan datang menjadi tidak bermakna. Definisi besar, kecil, tinggi rendah, panas, dingin belum punya arti. Kondisi dimana hingga saat ini oleh para ahli disebut kondisi yang ” tidak diketahui” dan tidak mungin diketahui.
    Dari ilmu jiwa dan ilmu agama aku mendengar aku berasa dari ” ROH” yang ditiupkan Allah untuk menjalani kehidupan saat ini dan aku harus kembali nanti melalui pintu ” kematian.
    Sungguh aku kagum dengan Kalimat Allah Alim Lam Mim, Alim Lam Ro, Yasin dsb. Karena sungguh, aku berasal dari sesuatu yang tidak aku ketahui kecuali kabar dari para Nabi. Sama seperti alam semesta berasal dari ” kondisi yang tidak terdifinisi” dan juga akan berakhir melalui proses kematian alam semesta.
    Dalam hal ini aku hanya berfikir akan makna kalimat bahwa, akan ada saat dimana tangan, mulut ku terkunci, kondisi dimana aku tidak punya pilihan, saat dimana aku harus hanyut dalam lautan luas, dimana kehendak dan keinginanku tidak akan bermakna, maka aku hanya akan berusaha untuk mengingat Al Fatehah, dimana pada saat itu hanya Dia yang berkuasa dan tidak yang lain, aku hanya bermohon untuk diberi jalan yang lurus dan lapang jangan sampai diberikan jalan yang sempit dan gelap dan akhirnya, aku hanya bermohon untuk tidak diberikan kehidupan yang sengsara, karena kenyataan didunia ini saja merasa teriksa jika perutku lapar, tenggorkan haus.
    Alim Lam Mim, Alim lam Ro, Ya Sin, kata sangat bermakna, karena jalan itu yang aku harus lalui , aku hanya berusaha agar aku selamat melewatinya, dan selanjutnya aku hanya berusaha untuk pasrah kepada Sang Penguasa.
    Alif Lam Mim, Alif lam Ro, Ya Sin : kalimat yang tidak dapat diartikan bagi sebagian kita
    Alif Lam Mim, Alif Lam Ro, Ya Sin : Allah, Malaikat, Muhammad bagi sebagian kita
    Alif Lam Mim, Alif Lam Ro, Ya Sin : ” Big Bang” rahim kelahiran alam semesta
    Alif Lam Mim, Alif Lam Ro, Ya Sin : ” Rahim” kehidupan kita manusia
    Alif Lam Mim, Alif Lam Ro, Ya Sin : ” Akhir ” kehidupan semuanya.

    Apapun itu penafsiran kita, itulah kita

    Salam kenal

    • Al-Haqq says:

      Assalamu ‘alaika. Maaf, Yasin & Thoha adalah nama Rasuulullah Muhammad SAW, coba lihat sholawat badar. Kalau Alif Lam Mim….kita harus kenali diri dulu baru bisa memahaminya. DZOHIRU ROBBI FI BATHINI ‘ABDI (haqiqat Al-fatihah)

  67. abu muhammad rizal huzein says:

    BISMILLAHIRRAHMAN NIRRAHM
    ALIF LAM MIM…………
    ALLAHU LAILLAHAILLALLAH MUHAMMADAR ROSULULLAH
    SEBAGAIMANA BACAAN BISMILLAHI,,
    YANG SEBENARNYA ALIF LAM HA
    BUKAN BA` LAM HA
    DIUCAPKAN BISMILLAHI KARENA BISMILLAHI INI UNTUK MEMBAWA ASMA ALLAH YAITU ARRAHMAN DAN ARRAHIM, ALLAH ITU ESA SEDANGKAN ARRAHMAN DAN ARRAHIM ADALAH SIFAT-NYA,
    MAKA BASMALLAH ITU ADALAH MILIK ALLAH,KITA MANUSIA HANYA MENERIMA KEESAAN ALLAH MELALUI SIFAT ARRAHMAN DAN ARRAHIM
    KARENA ITU KITA MANUSIA HANYA BOLEH SEBATAS BA` LAM HA KARENA KITA HANYA MENERIMA DAN MENJALANKAN SYARIAT,BUKAN YANG MEMBERI SEBAGAIMANA ALLAH YANG DIDALAMNYA TERKANDUNG ALIF,,,,
    BEGITU JUGA DENGAN ALIF LAM MIM……
    ALIF ITU ADALH MILIK ALLAH,,KITA HANYA BOLEH SEBATAS LAM DAM MIM SAJA,,,
    ITU MENG SYIARKAN AKAN SYAHADAT KITA,ASHADUALLAH ILAA HAILLAHLAH(LAM) DAN MUHAMADAR RUSULULLAH (MIM),
    MENGAPA ASHADU?KARENA KITA HANYA SEBATAS SAKSI YANG HARUS PERCAYA DAN MENJALANI AKAN SYAHADAT DAN SEMUA YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA,,,,
    SEMOGA INI BISA SEMUA MENJADI SUATU HAL YANG LEBIH MENDEKATKAN KITA KEPADA SANG MAHA HAQ,,ALLAH,, DAN MENYADARKAN KITA BAHWA KITA MAHLUK LEMAH YANG YANG MEMBUTUHKAN PERTOLONGAN DARI ALLAH YANG MAHA KUAT,
    “HASBUNALLAH WA NIKMAL WAKIL,NIKMAL MAULA WA NIKMAN NASIR WALA HAULA WALA KUWATTA ILLA BILLAHIL ADZIM”
    ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR
    FIRNANDA_RIZAL@YAHOO.COM

  68. rahmat says:

    terima kasih ilmu nya semoga bermanfaat buat kita

  69. rahmat says:

    trma ksh

  70. sonibar says:

    Reblogged this on sonibar11dotnet and commented:
    allah lam muhammad

  71. azmi khan says:

    Salam

    Apa yg saya faham ialah alir itu (Allah) La itu ( Jibril ) Mim (Muhammad ) betul ke tolong terangkan pada saya??

  72. azmi khan says:

    Salam

    Apa yg saya faham ialah alif itu (Allah) La itu ( Jibril ) Mim (Muhammad ) betul ke tolong terangkan pada saya??

  73. nur fahmi says:

    ini yang posting and pada koment lulusan pesantren mana ? postingan berdasarkan kitab apa ? apa cuma sekedar copas dari blog2 lain ?

  74. Tok Kelana says:

    Alif ( Allah) Lam ( lisan @ kata-kata @firman) Mim (Muhammad)… Allah berfirman (berkata) kepada Muhammad…wallahualam! jika salah harap maaf!

  75. arsyi prime says:

    bner tuch yg di ktakan azmi khan….tp apakah cuma itu jwbannya…????….

  76. arsyi prime says:

    tp itu hnya jwaban secara sareat saja…..dan bukan jwaban hakikat……

  77. jumy says:

    salam untuk semua nya
    sebelum kita masuk pada alif lam mim, ada pembuka bacaan alquran basmalah dan alfatihah
    apa kita sudah paham dan mendalami serta mengamalkannya pada kehidupan kita..!!!!!
    kalau belum bisa melakukannya kenapa kita jauh2 memahami isi tengah nya sedangkan pembukaannya kita tidak mengerti dan mengamalkannya.
    menurut saya pahamilah serta amalkanlah pembukanya baru kita berlanjut kedepannya….
    bagi saya pribadi kalaw sekedar INGIN TAHU bukan alasan untuk tahu arti dari alif lam mim.
    maaf kalaw ada yang keliru tolong diberi saran dan masukan. kesalahan hanya milik saya dan kebenaran milik Allah semata.

  78. insan sultan says:

    perbaiki diri kamu dahulu….menjadi akhlak yang mulia barulah khaliq akan berkehendak pada sesiapa yang dikehendakinya…syariat,tarikat,hakiat dan makrifatullah bila amalan kamu setinggi gunung dan ilmu kamu sedalam2 lautan barulah kamu akan mengerti…pada masa itu kamu mungkin tidak mau hidup di dunia ini lagi

  79. heru sasmito says:

    Takk adaa ygg tau arti Alif Lam Mim .. 3 hruf ini sangat dasyat.. Al-Qur’an saja tidakk bsa mnyelesaikan msalah ..apalgi cuma debat gini .. Makanya Allah suruh kita Iqro’

  80. sama sama belajar says:

    makna alif lam mim ada di jelaskan di laman Makrifat tok kenali.com.my. Sila layar

  81. Bonangrey0@gmail.com says:

    Saya orang yg lemah lagi hina di hadapan allah swt saya hanya menerima apa yg saudara2ku tulis karna semua itu hanya milik nya dan akan kembali pada nya,,,

  82. Monacink says:

    Jadi intinya alif lam mim itu hanya allah yang tahu,bukan?

  83. fatien says:

    yang tersirat telah pun tersurat sbenarnya cuma kita yg kurang untk mmahami..skang ni byk guru2 syariat yg tak kemana..carilah guru2 hakikat insyaallah persoalan pasti terjawab..

  84. ba' says:

    alif lam mim : banyak yg menafsirkan menurut kepinteran mereka..banyak yg merasa sudah bisa mengartikan makna sebenarnya..SUDAH BENARKAH KALIAN???
    tak kan da yg bisa mengartikan apa makna sebenarnya alif lam mim..
    rahasia dunia saja belum bisa memecahkan,kok bisa”nya manusia sudah merasa bisa mengartikan rahasia allah…
    ORANG YANG SUDAH MERASA BISA/ AHLI DALAM AGAMA KEMUDIAN MENYALAHKAN BAHKAN MENAFSIRKAN MENURUT KESOMBONGAN,MEREKA ITULAH ORANG” YANG MERUGI..

  85. js says:

    Sunan Bonang juga terkenal dalam hal ilmu kebathinannya. Ia mengembangkan ilmu (dzikir) yang berasal dari Rasullah SAW, dengan kesimbungan pernafasan yang disebut dengan rahasia Alif Lam Mim ( ا ل م ) yang artinya hanya Allah SWT yang tahu. … mahu belajar saya …

  86. sang adiputa panglima hitam says:

    Asalam..dan dengan nama allah yg maha pengasih dan maha penyayang sesunguhnya ayat Alif , lam dan mim ini mengenai bahasa , bahasa arab maksudnya seluas alam sebab ini bahasa syuga jadi , jadilah muslim yang yang sentiasa mengaji , mengkaji asalkan jangan sombong insyaallah bagi sesiapa yang mendapat syafaat disisi allah, pasti memahami dengan banyak makna yang tersirat dan tersurat begitu juga dgn solat itu .yang membawa banyak kebaikan mahupun pahala dan perbuatan yang allah cintai (AMALAN PAKAJ) yang allah ajarkan melalu alquran yang isinya merangkum seluruh isi alam.contohnya solat arti definasi sebenar yg luas memuja dan memuji dgn kata2 dan perbuatan berserta dgn doa yang dibawa bersama tujuh sifat yg dianugerah dan dikurnikan kpd kita dgn berladaskan rukun2 dlm solat. Dan dlm kata yg lain ibadat dan amal solih samalah kita mencari iman yg satu bukan sepruh, sepertimana allah itu satu dgn dalam rukun iman dan rukun islam itu sediri ada jawapanya.bawalah islam didalam dkehidupan kita jangn jadi manusia yg sia2 atau orang utan suka mengikut tanpa difahami dan disedari. Allah maha quasa mahluk merasa nikmat allah.jadilah insan yang sedar akan diri itu lebih bermakna kerana akan banyak pengetahuan dan syafaat dari allah akan tetapi sekiranya tuan2 banyak yang tahu sayangnya berkemungkinan besar tuan2 tidak sedar akan diri syitan dan iblis sentiasa bersama kita utk menguji iman dan tahap kesedaran kita. Dan dengan ini jadilah kita bani yang dijanjikan nabi kita muhamaad akan datang panji2 hitam dari yg amat timur kita bani tamim (melayu yg taat) utuk bersatu menjadikan tapak islam dlm kebenaran al qurat kalamullah islam sebenar2 itu agama yg diredoi allah sunah dibawa dalam hidup pasti yg dijanjikan muhamaad itu akan pasti berlaku.

  87. cloud says:

    Keimanan seseorang tidak bisa kita ungkapkan dengan kata2 walaupun kita sendiri sudah memahaminya…karena tidak semua orang sepaham dengan keyakinan kita….sebelum kita meyakini agama alangkah baiknya mengenal dulu dzatnya”awaludinni ma’rifatullah ta’ala….serta mengerti dan faham arti kata “AGAMA” yang berasal dari bahasa sangsekerta yang ber arti “A” TIDAK ….. “GAMA”KACAU
    Yang jika di jabarkan mengandung arti tidak kacau…yaitu agar manusia mempunyai tujuan hidupnya,tidak menyasar jalannya dan dapat pula diartikan jika ada 2 orang atu lebih memperdebatkan masalah agama atau keyakinan…sesungguhnya dialah yang tidak beragama….agamamu untukmu dan agamaku untukku…
    AWALUDINNI MA’RIFATULLAHI TA’ALA…”SEBELUM MENGGERJAKAN AGAMA KENALI DULU YANG KITA SEMBAH (ALLAH)

  88. arif says:

    sbelum kt mlangkah lbih jauh, knali dulu siapa diri kita ini sebenarnya??? mngenai arti alif lam mim, sbaikx saudara kaji dulu Al Quran lbih mndalam lagi..

  89. eddy asa says:

    …tak usah mengada-ada… yang ikhlas-ikhlas saja… dan pastikan bukan rekaan… apalagi plesetan..

  90. pancaarya says:

    permisi saya cuma numpang baca.slbh slh dan hilaf saya mohon maap

  91. Jengterry says:

    Maaf ni para guru cm sekedar tulis.
    Alif@satu yaitu Allah zat yg paling suci diantara yg suci
    kita punya”roso sejati/roso tunggal eng sak jeroneng urep” dlm kehidupan kita”bhwa u adalah kamu karna kamu tidak dijadikan dua atau sama melainkan satu wujud”rasa sakitmu apakah bisa dirasakan kebenaran kesakitany oleh orang lain”akalmu,fikirmu,hatimu dan lakumu samakah dg orang lain”kayamu,miskinmu,drajatmu,rizkimu,amalmu,dosamu,sirik,dengkimu,cinta,sayangmu,nerakmu atau surgamu,apakah ada sama kita,kamu dan kalian.tidak! itulah kita para guru2 sekalian,meski pendapat kita berbeda tpi semuanya sama pada satu tujuan dimana kita diciptakan dan dikembalikan nantinya hanya kepadaNYA lah Allah SWT.
    Karna Allah maha mengetahui dari apa yg tidak kita ketahui..maaf saya bukanlah ahli tp hnya sebatas unek2.apabila ada kata2 yg menyinggung para guru guru sekalian saya minta maaf

  92. NadmaH says:

    Alif Lam Mim ….itu adalah Muhammad itu menadi wakil daripa Allah….ingat dan kaji lah Ilmu ini dengan sempurna …..Muhammad yang mana….Awal Akhir Zahir Bathin. maaf t/k

  93. cancer says:

    gitu aja kok repot ….
    hahahaa”

  94. nugroho says:

    coba di beri harokat n artikan sendiri.
    1. ilmu
    2.alam
    3.alami
    dst

  95. Ahad says:

    Sudah”, in smu hanya utk pelajaran kita smu bagi umat islam,, ingat y, alif lam mim yg tau cuma ALLAH swt, kita jgn sampai salah menafsirkan smu it, jd jgn lah sampai diri kita kufur dlm bicaraan kita sendiri,,

  96. Arwan'K Wija tho BONE says:

    Alif lam mim
    Allahu laailaha illa huwa hayyul qayyum,kun fayakun

  97. munawarman says:

    ” Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al
    Qur’an) kepada Muhammad. Di antaranya ada
    ayat-ayat muhkamat, itulah isi pokok dalam alQur’an dan yang lainnya ayat-ayat
    mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam
    hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka
    mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihat untuk
    menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang
    mengetahui takwilnya melainkan Allah.
    dan orang-orang yang mendalam
    ilmunya mengatakan : “kami beriman kepada ayat-
    ayat yang mutasyabihat, semuanya itu berasal dari
    Tuhan kami”. Dan tidak dapat mengambil pelajaran
    darinya kecuali orang-orang yang berakal” (Q.S. Al
    Imran : 7)

  98. aku bagaikan debu yg di bawa angin kemnapun angin pergi says:

    Munawarman .. apa beda nya kamu sma kaum nasrani yg mebeda bedakan ayat alkitab nya .. apa Mau jadi nya al Quran sperti injil yg terbagi berbagai versi … Hahahahaa

  99. idzuan rahman says:

    Alif bererti Adam
    Lam bererti La iaitu tiada
    Mim bererti maujud.
    Erti dari rangkuman kesemua huruf tersebut ialah.
    La maujud bil hoqqi iallah. Bermaksud Allah sahaja yang maujud.
    Ini contact no saya. 0167381961.
    Sekadar mencari saudara.

    • REHAN says:

      alif =AKU( ALLAH ) .lam = LA, mim = MAUJUD
      AKU (ALLAH) TIADA MAUJUD ,( tiada suara,tiada huruf ). ILLALLAH (selain DIA )

      alif lam mim artinya asma , pujian , pernyataan Diri

      WASSALAM……..

  100. tri yulianto says:

    apakah benar semua yang di bicarakan di google tentang aliflammim ?

    • rugila bg mrk yg tak mahu berfikir says:

      ada mata pandang,ada telinga dengar,ada mulut rasa, ada akal pakai ada otak jangan bebal

  101. loyatoya says:

    Alif lam mim,, hanya huruf,, allah hanya huruf,, klo dah kenal dengan yang punya huruf biar ndak disebut nama dan huruf’x ttp ajakan ia pemiliknya,, dalil’x dirikita,,

  102. ai says:

    assalmualaikum… kebanyakan manusia memohon ampun kepada Allah atas dosa dan kesalahan yang pernah dilakukannya, sanggupkah kita semua memohon ampun kepada Allah karena ucapan Laailahailallah yang kita ucapkan?? kenapa?? karena Allah tak dapat dijangkau dengan kata (rangkaian beberapa huruf) saudaraku…
    Sesungguhnya langit-langit dan bumi tidak mampu menjangkauKu, tetapi Aku telah dijangkau oleh hati seorang mukmin (Hadits Qudsi)
    so..marilah kita jadikan perbedaan menjadi sumber kekayaan yang indah, bukan menjadi sumber pertentangan dan perpecahan…
    wslm

  103. poksu says:

    Alif beralih alif berlindung di bawah bayang ba….alif dikandung lam..LA HAYYUN.LA ALIMUN.LA QODIRUN.LA MURIDUN.LA SAMIUN.LA BASIRUN.LA MUTAKALIMUN.LA MAUJUD BIL HAQQI KHOTI ILLALLAH.LAILAHAILALLAH..ALLLOHUAKBAR….

  104. fylingfox says:

    Ini berkaitan dgn angka 19 spr yg tersebut dalam Al Hujurat.
    alif-lam-mim dalam Albaqarah apabila dijumlahkan nilainya habis dibagi 19.
    Untuk lebih jelasnya silakan googling ttg rahasia angka 19 dalam alquran. Sebagai tahap awal anda baca dulu surat Al Hujurat mengenai angka 19 ini agar anda yakin bahwa ini tidak mengada ada…

  105. arullah says:

    alif lam min ialah shahadat

  106. AHMAD(billah mim) says:

    alif= hkkt zat
    lam= hkkt wahyu(jibril)
    mim=hkkt sifat

    alif=ruh
    lam=nur
    mim=nyawa

    alif=hkkt api
    lam=hkkt angin
    mim=hkkt tanah

    alif=sir(rahsia)
    lam=panyampai rahsia
    mim=penanggung rahsia

    alif=ruh muhd
    lam=nur muhd
    mim=ilmu muhd

    Persaksian ini dengan jelas diterangkan dalam Al-Qur’an surat Al-Araf 7:172: ALASTU BIRAB BIKUM, QOOLU BALA SYAHIDNA.
    Artinya : Bukan aku ini Tuhanmu? Betul engkau Tuhan kami, Kami menjadi Saksi.

    Selepas pengakuan atau persumpahan Roh itu dilaksankan, maka bermulalah era baru di dalam perwujudan Allah SWT. Seperti firman Allah dalam Hadits Qudsi yang artinya :“Aku suka mengenal diriku, lalu aku jadikan mahkluk ini dan aku perkenalkan diriku. Apa yang dimaksud dengan mahkluk ini ialah : Nur Muhammad sebab seluruh kejadian alam maya ini dijadikan daripada Nur Muhammad tujuan yang punya Dzat mentajalikan Nur Muhammad adalah untuk memperkenalkan diri-nya sendiri dengan diri Rahasianya sendiri. Maka diri Rahasianya itu adalah ditanggung dan diakui amanahnya oleh suatu kejadian yang bernama : Insan yang bertubuh diri bathin (Roh) dan diri bathin itulah diri manusia, atau Rohani.

    Firman Allah dalam hadis Qudsi:
    AL-INSAANU SIRRI WA-ANA SIRRUHU
    Artinya : Manusia itu RahasiaKu dan Akulah yang menjadi Rahasianya.

    Jadi yang dinamakan manusia itu ialah karena ia mengenal Rahsia.
    Dengan perkataan lain manusia itu mengandung Rahsia Allah (di dlm diri).

    Karena manusia menanggung Rahsia Allah maka manusia harus berusaha mengenal dirinya, dan dengan mengenal dirinya manusia akan dapat mengenal Tuhannya, sehingga lebih mudah kembali menyerahkan dirinya kepada Yang Punya Diri pada waktu dipanggil oleh Allah SWT. Iaitu tatkala berpisah Roh dengan jasad. (Tambahan Hajri khusyuk: kembali kepada Allah harus selalu dilakukan semasa hidup, masih berjasad, contohnya dengan solat, kerana solat adalah mikraj orang mukmin atau dengan mati sebelum mati).

    Firman Allah, An-Nisa 4:58: INNALLAHA YAK MARUKUM ANTU ABDUL AMANATI ILAAHLIHA. Artinya: Sesunggunya Allah memerintahkan kamu supaya memulangkan amanah kepada yang berhak menerimanya. (Allah).

    Hal tersebut di atas dipertegas lagi oleh Allah dalam Hadits Qudsi :
    MAN ARAFA NAFSAHU,FAQAT ARAFA RABAHU.
    Artinya : Barang siapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya.

    Dalam menawarkan tugas yang sangat berat ini, pernah ditawarkan Rahsia-nya itu kepada Langit, Bumi dan Gunung-gunung tetapi semuanya tidak sanggup menerimanya.

    Seperti firman Allah SWT Al Ahzab 33:72.
    INNA ‘ARAT NAL AMATA, ALAS SAMAWATI WAL ARDI WAL JIBAL FA ABAINA ANYAH MILNAHA WA AS FAKNA MINHA,WAHAMA LAHAL INSANNU.
    Artinya : Sesungguhnya kami telah menawarkan suatu amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung tetapi mereka enggan memikulnya dan merasa tidak akan sanggup, lalu hanya manusia yang sanggup menerimanya.

    Oleh karena amanat (Rahsia Allah) telah diterima, maka adalah menjadi tanggung jawab manusia untuk menunaikan janjinya. Dengan kata lain tugas manusia adalah menjaga hubungannya dengan yang punya Rahsia. (Allah)

    Setelah amanat (Rahsia Allah) diterima oleh manusia (diri Batin/Roh) untuk tujuan inilah maka Adam dilahirkan untuk bagi memperbanyak diri, diri penanggung Rahsia dan berkembang dari satu abad ke satu abad, diri satu generasi ke satu generasi yang lain sampai alam ini mengalami KIAMAT DAN RAHSIA ITU SEMUA KEMBALI KEPADA ALLAH.

    INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI RAAJIUN.
    Artinya : Kita (Semua) berasal dari Allah, dan kembali kepada Allah.

    Semoga dgn penjelasan ini dapat menjawap persoalan yang selama ini di cari…

    Assalammualaikum…

    AHMAD(billah mim)
    johor mlysia.

  107. middie bin sukup says:

    memenuhi citarasa pengguna.

  108. Jebatamuk says:

    Waduuhhh..yang mana satu nya yang betul pak..??

    • rizal says:

      kenapa bingung mencari dan menafsir alim lam mim..? janganlah berputar putar disitu yg penting jalankan saja perintah allah dan jauhi yg dilarang allah….niscaya tak ada lg rahasia diantara kita ciumiwww

  109. Sesungguhnya Allah telah mengurniakan (rahmatNya) kepada orang-orang yang beriman, setelah Ia mengutuskan dalam kalangan mereka seorang Rasul dari bangsa mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah (kandungan Al-Quran yang membuktikan keesaan Allah dan kekuasaanNya), dan membersihkan mereka (dari iktiqad yang sesat), serta mengajar mereka Kitab Allah (Al-Quran) dan Hikmah (pengetahuan yang mendalam ). Dan sesungguhnya mereka sebelum (kedatangan Muhammad) itu adalah dalam kesesatan yang nyata.
    (al imran [164])

  110. hanlaode. says:

    Asalamu alaikum.
    Tidak usah di kupas panjang lebar..
    Karena semua hurufnya sudah terhimpun menjadi diri.
    Dari diri inilah yg harus di kupas sampai halus adanya. Huruf alif adalah subernya semua huruf.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s